Beranda » Berita » Apa Itu Besi Hollow, Pengertian, Jenis, Ukuran dan Kegunaan

Apa Itu Besi Hollow, Pengertian, Jenis, Ukuran dan Kegunaan

Kanalrumah.com – Banyak material penting dalam konstruksi bangunan, salah satunya adalah besi. Sifatnya yang keras dan kuat dapat membantu rancangan konstruksi semakin kokoh. Besi juga memiliki cukup banyak jenisnya, satu diantaranya adalah besi hollow.

Termasuk dalam tipe besi beton, penggunaan besi hollow seringkali di aplikasikan pada proses konstruksi baik skala kecil ataupun besar. Hal tersebut karena besi jenis ini memiliki beragam ukuran dimensi dan ketebalan yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

Bahkan tidak hanya sering digunakan untuk membantu memperkuat konstruksi bangunan, besi jenis ini juga sudah sering digunakan untuk membuat pagar rumah sebagai ornamen. Namun apa sih sebenarnya besi hollow?.

Masih ada segelintir orang mungkin belum tahu apa itu besi hollow. Jadi pada artikel ini kita akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai besi hollow, kegunaan, jenis, ukuran panjang, dimensi serta ketebalan.

Apa Itu Besi Hollow?

Apa Itu Besi Hollow
Source: rumah123

Berasal dari bahasa Inggris, Hollow memiliki pengertian atau arti kosong, rongga atau berongga. Nama lain dari besi Hollow adalah HSS atau Hollow structural Sections. Dinamai besi hollow sendiri karena jenis ini menyerupai pipa panjang yang mempunyai rongga di bagian tengah.

Material yang termasuk dalam jenis HSS ini juga banyak di sebut besi kotak karena secara tampilan material ini memiliki bentuk kotak dan panjang. Seiring berjalannya waktu, hollow juga mulai dibuat dengan banyak bentuk.

Termasuk bujur sangkar, bulat, persegi panjang hingga elips. Material ini dibuat dari bahan khusus dengan proses pembentukan sesuai dengan kebutuhan dengan cara di press kemudian di las untuk merekatkan sambungan.

Salah satu keunggulan besi hollow ada pada kualitas ketahanannya yang terbilang kuat, kokoh, anti karat serta tanah api. Selain itu, besi jenis ini juga memiliki banyak jenis, fungsi dan ketebalan yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan saat proses konstruksi bangunan di mulai.

Fungsi dan Kegunaan Besi Hollow

Fungsi dan Kegunaan Besi Hollow
Source: brighton.co.id

Setelah mengetahui dan memahami apa itu besi hollow, bisa dibilang penggunaan material ini sudah mulai ramai karena memiliki efisiensi cukup baik bila dibandingkan dengan material seperti kayu atau lainnya.

Tidak hanya itu saja, pemilihan material ini untuk digunakan dalam proses konstruksi juga karena fungsionalitas yang dimiliki terbilang cukup baik. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan yang bisa kita dapat ketika menggunakan hollow dalam konstruksi bangunan rumah atau gedung.

1. Sebagai Rangka Plafon

Penggunaan hollow untuk membantu proses finishing sebuah konstruksi bangunan juga cukup banyak kita jumpai saat ini, salah satunya digunakan sebagai rangka plafon. Pengaplikasian yang mudah karena memiliki penampang rata menjadikan efisiensi kerja semakin cepat.

2. Sebagai Rangka Railing & Pagar

Saat ini besi hollow juga seringkali digunakan untuk pembuatan rangka pagar rumah, perkantoran serta pembuatan railing tangga. Penggunaan material ini memberikan kesan lebih minimalis karena bentuknya. Terkadang proses finishing juga dipadukan dengan warna cat sesuai kebutuhan.

3. Sebagai Struktur Bangunan

Kegunaan dan fungsi lain dari hollow yaitu sebagai bagian dari struktur bangunan yang sedang kita buat. Termasuk rumah, kantor ataupun gedung instansi pemerintahan. Dalam penggunannya, biasanya hollow akan dipakai sebagai kolom, balok maupun struktur lainnya.

4. Sebagai Peralatan Konstruksi Industri

Dengan kualitasnya yang cukup kuat, kokoh dan tahan terhadap api serta rayap, hollow juga sudah mulai banyak digunakan dalam konstruksi bangunan industrial. Seperti contohnya digunakan pada peralatan mesin konveyor, rak penyimpanan material dan lain sebagainya.

5. Sebagai Arsitektur Bangunan

Besi hollow juga sudah mulai banyak digunakan sebagai bagian dari dekorasi / ornamen di sebuah bangunan. Seperti halnya dipakai untuk pembuatan rangka untuk kanopi, rangka atap, rangka pintu, jendela ataupun desain lain yang menambah kesan bangunan semakin estetik dan keren.

Jenis dan Tipe Besi Hollow

Fungsionalitasnya yang terbilang cukup baik, tentu saja memilih hollow sebagai salah satu material dalam proses pembangunan konstruksi desain rumah tingkat maupun konstruksi bangunan lain menjadi pilihan yang tepat dilakukan di saat ini.

Apalagi bila kita mengacu pada penjelasan apa itu besi hollow di atas. Disini kita akan bisa memilih dan menentukan hollow sesuai dengan kebutuhan. Mengingat sekarang ada cukup banyak jenis dan tipe besi holo untuk bisa kita gunakan.

Terkait jenis dan tipe besi hollow tersebut, setidaknya saat ini sudah ada 4 jenis dan tipe yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Apa saja kira-kira ke-4 jenis besi hollow tersebut? berikut ini sudah kami siapkan detail lengkap tentang ke-4 jenisnya.

1. Besi Hollow Gypsum

Besi Hollow Gypsum
Source: Blogspot

Jenis pertama adalah Hollow Gypsum. Sesuai dengan namanya, jenis ini lebih diperuntukkan untuk pembuatan struktur rangka plafon gedung ataupun rumah tinggal. Sama-sama di buat dari material berkualitas, yaitu campuran stainless dan meni penggunaan hollow jenis ini terbilang cukup efisien.

Selain mudah dalam hal pemasangan karena bobot dari hollow Gypsum terbilang ringan karena ukuran ketebalan hollow jenis ini tidak terlalu tebal yaitu antara 0.3 mm sampai 0.4 mm. Dipilihnya hollow Gypsum untuk rangka plafon juga tak terlepas adanya kualitas yang bagus, tahan lama serta anti rayap.

2. Besi Hollow Galvalum

Besi Hollow Galvalum
Source: Blogspot

Termasuk tipe paling bagus dari semua jenis yang ada, Hollow Galvalum atau Zinc-Alume terbuat dari material berkelas yang dalam proses finishingnya dilapisi dengan menggunakan dua bahan yakni aluminium serta seng.

Untuk menghasilkan kualitas terbaik, produsen akan mencampur berbagai macam bahan dalam proses pembuatannya. Adapun komposisi bahan pembuatan besi jenis ini antara lain Aluminium 55%, silicon 1.5% dan Zinc 43.5%.

Berbeda dari jenis lainnya, Hollow Galvalum ini memiliki satu ciri khas yang tidak dimiliki Hollow tipe lainnya yaitu adanya motif / marking yang disebut spangle. Menariknya bukan sekedar hanya menjadi ciri khas, keberadaan spangle juga menjadi penanda seberapa besar kekuatan hollow pada korosi.

3. Besi Hollow Galvanis

Besi Hollow Galvanis
Source: betonbesibaja

Selanjutnya ada jenis hollow Galvanis. Tipe ini memiliki kekuatan / ketahanan yang masih berada di bawah hollow Galvalum. Itu karena pada proses pembuatannya, kandungan Zinc (Besi) yang ada jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan aluminiumnya.

Komposisi atau campuran bahan yang ada sekitar 97% Zinc serta 1% Aluminium, sisanya yakni 2% merupakan bahan campuran lainnya. Kekurangan yang di miliki oleh Hollow Galvanis yakni mudahnya terkena korosi.

Itu semua disebabkan karena kandungan Besi (Zinc) pada jenis Hollow ini cukup tinggi. Maka dari itu pemilihan material hollow Galvanis akan lebih baik digunakan untuk kondisi tertentu. Jika terpaksa harus digunakan pada luar ruangan, disarankan untuk menambah lapisan cat anti karat dengan kualitas bagus.

4. Besi Hollow Hitam

Besi Hollow Hitam
Source: bajautamasteel

Jenis terakhir adalah besi holo hitam, ini mungkin menjadi salah satu jenis paling laris dan paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahan dasar pembuatan hollow hitam adalah bajai canai panas yang diproses dengan cara di press dengan panjang 6 meter.

Dibuat dengan menggunakan proses panjang, menjadikan besi ini memiliki kekuatan yang cukup baik. Tidak heran apabila hollow hitam menjadi pilihan terbaik untuk mendukung struktur konstruksi bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Ukuran Besi Hollow

Ukuran Besi Hollow
Source: mirachinterior

Setelah mengetahui secara detail apa itu besi Hollow, jenis dan fungsinya. Hampir sama seperti besi pada umumnya. Hollow juga dipasarkan dengan berbagai macam ukuran. Dengan tujuan agar para konsumen dapat memilih dan menggunakan besi ini sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, adanya banyak ukuran pada besi holo juga memungkinkan konsumen bisa menentukan budget saat rencana / rancangan konstruksi sedang dibuat. Hal itu karena setiap tipe, jenis dan ukuran memiliki harga yang berbeda-beda.

Bagi kamu yang mungkin ingin memakai material ini sebagai bahan bangunan hunian atau konstruksi gedung yang sedang di rancang. Tidak ada salahnya mengetahui detail ukuran besi Hollow sesuai dengan jenisnya berikut ini.

1. Ukuran Besi Hollow Galvanis

A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
50 x 1001.6 – 3.26
60 x 601.6 – 3.26
75 x 751.6 – 2.56
100 x 1002.8 – 3.56
100 x 1504.5 – 5.86
100 x 2003 – 4.56
125 x 1253- 4.56

2. Ukuran Besi Hollow Galvalum

A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
20 x 400.254
20 x 400.304
40 x 400.254
40 x 400.304

3. Ukuran Besi Hollow Hitam

A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
15 x 351.0 – 2.26
15 x 501.0 – 2.26
20 x 201.0 – 2.26
20 x 401.0 – 3.26
25 x 251.0 – 3.26
25 x 501.0 – 3.26
30 x 301.0 – 3.26
30 x 601.0 – 3.26

4. Ukuran Besi Hollow Gypsum

A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
34 x 340.254
36 x 360.34
20 x 400.94
20 x 400.84
40 x 400.84
40 x 400.74

A= Tinggi dimensi luar (mm)
B= Lebar dimensi luar (mm)
L= Panjang (M)
t= Tebal (mm)

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow
Source: indonetwork

Memiliki tingkat fungsionalitas yang bagus, setidaknya pengaplikasian besi jenis Hollow benar-benar sangat membantu proses konstruksi rumah ataupun bangunan lain semakin kokoh, kuat dan modern.

Pun begitu, seperti halnya produk besi lainnya. Hollow juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan di setiap tipenya. Oleh karena itu setelah kita tahu secara detail apa itu besi hollow, jenis, fungsi dan ukuran.

Berikut ini adalah penjelasan rinci terkait kelebihan dan kekurangan besi hollow dari setiap jenis / tipe untuk bisa kamu pahami dan ketahui.

Kelebihan

Hollow GalvalumHollow GalvanisHollow Hitam
Memiliki bobot yang ringan.Memiliki ketahanan yang bagus terhadap korosi sehingga cocok digunakan untuk jangka waktu lama.Memiliki banyak jenis ukuran yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan dalam proses konstruksi bangunan rumah maupun gedung yang sedang di bangun.
Mempunyai harga pasaran yang relatif terjangkau bila di bandingkan jenis besi lainnya.Tidak memerlukan cat tambahan yang sifatnya membantu menahan hollow dari korosi sehingga menghemat biaya finishing ataupun perawatan.Harga hollow hitam ini jauh lebih murah di bandingkan denang harga dari dua jenis di atas.
Ketahanan terhadap karat cukup bagus meskipun sering terkena air hujan sehingga cocok untuk konstruksi eksterior.Hollow jenis ini memiliki lapisan luar yang tahan akan goresan.Cocok untuk konstruksi yang membutuhkan kekuatan.
Memiliki fleksibilitas yang bagus sehingga mudah di aplikasikan pada struktur bangunan.Mempunyai kemudahan dalam hal pewarnaan.

Kekurangan

Hollow GalvalumHollow GalvanisHollow Hitam
Disarankan tidak digunakan / diaplikasikan pada daerah yang memiliki hembusan angin besar karena dapat mengakibatkan sekrup pengikat mudah lepas.Di dalam proses pembuatannya, hollow jenis ini harus membutuhkan tempat penampungan besar dan luas.Tergolong mudah terkena korosi.
Memiliki bobot yang ringan, membuat Hollow jenis ini juga tidak bisa digunakan untuk menahan / menampung beban berat pada konstruksi bangunan yang sedang dibuat.Untuk mendapatkan ketebalan sesuai dengan yang di harapkan, kandungan Zinc atau Besi dalam proses pembuatannya terbilang cukup banyak.Membutuhkan tambahan cat pelapis untuk bisa terhindar dari korosi yang tentu saja akan membuat pengeluaran biaya bertambah.
Kurang pas ketika digunakan pada daerah yang memiliki kondisi lembab.
Mengharuskan untuk pengecekan secara berkala agar kondisi hollow tetap terkontrol.

Rincian di atas menjelaskan bahwa setiap tipe jenis besi holo memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda. Jadi pastikan saat menggunakan besi ini untuk konstruksi bangunan pahami masing-masing fungsi dan kegunaan besi tersebut.

Apabila kita lihat dari sisi efisiensi, maka ada juga beberapa kelebihan lain yang ada pada besi jenis hollow saat digunakan sebagai material konstruksi. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut?.

  • Hemat Biaya
    Harganya yang terjangkau, membuat pemakaian besi Holo sebagai material konstruksi dapat menekan budget cukup besar tanpa mengurangi fungsionalitas, ketahanan dan juga kualitas.
  • Hemat Waktu
    Bukan sekedar masalah biaya yang bisa di tekan lebih, penggunaan Hollow memungkinkan proses pengerjaan jauh lebih cepat. Karena selain bentuknya yang sudah disesuaikan, besi hollow juga tidak membutuhkan kemampuan khusus dalam pemasangannya.
  • Daya Tahan Teruji
    Selain dua hal di atas, keunggulan utama dari hollow ada pada kualitas ketahanannya yang sudah teruji baik itu pada hollow hitam, galvalum, galvanis ataupun hollow gypsum.
  • Fleksibilitas Pemasangan
    Meski dibuat dari material besi, namun pada saat di aplikasikan, besi hollow terbilang cukup mudah disesuaikan dengan kondisi tertentu.

Pertanyaan Seputar Besi Hollow

Besi Hollow itu seperti apa?

Besi hollow adalah material konstruksi dengan bentuk kotak / persegi panjang dan memiliki rongga di bagian tengah.

Apakah besi hollow bisa berkarat?

Bisa, namun itu berlaku hanya untuk hollow yang tidak memiliki lapisan penahan karat salah satunya hollow hitam.

Berapa panjang besi hollow?

Panjang besi hollow sekitar 6 meter per batang.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah kami sampaikan di atas, tentang apa itu besi hollow, jenis, fungsi dan ukurannya. Bisa kita simpulkan bahwa besi holo termasuk salah satu material yang memiliki fungsionalitas dan fleksibilitas tinggi karena tersedianya cukup banyak ukuran dan model untuk dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar