Beranda » Harga » Harga Partisi Kaca Ruangan Per Meter Terlengkap 2024

Harga Partisi Kaca Ruangan Per Meter Terlengkap 2024

Harga partisi kaca ruangan umumnya dihitung per meter persegi. Hitungan tersebut memberi kemudahan bagi kita untuk bisa mengetahui berapa budget yang diperlukan saat ingin menggunakannya.

Menjadi salah satu ornamen interior, partisi kaca ruangan saat ini menjadi pilihan populer untuk bisa digunakan dalam membagi ruangan secara mudah. Bahkan, partisi ruangan kaca tetap bisa menjaga kesan luas dan modern.

Bila kita bandingkan dengan tembok batu bata maupun jenis partisi lainnya, partisi kaca memiliki banyak keunggulan. Salah satunya mampu menawarkan fleksibilitas serta estetika tinggi untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih bagus.

Apabila ingin menggunakan partisi kaca ruangan, mengetahui tipe kaca, jenis partisi, serta harga partisi kaca ruangan per meter jadi hal pening. Mengingat tidak semua partisi kaca di jual dengan harga yang sama.

Partisi Kaca Ruangan

Partisi Kaca Ruangan

Partisi kaca ruangan adalah sebuah sekat atau pemisah ruangan yang secara spesifik terbuat dari kaca lembaran. Umumnya partisi model ini akan dilengkapi frame berupa aluminium, kayu, atau bahkan PVC.

Penggunaan partisi kaca secara tegas dapat memberi kesan modern dan juga lebih transparan. Sayangnya penerapan partisi kaca di sebuah ruangan masih cukup jarang kita jumpai di bangunan rumah.

Hal tersebut karena penggunaan partisi jenis ini akan sedikit membuka privasi para penghuninya. Namun bisa dengan mudah kita jumpai di gedung perkantoran, rumah sakit ataupun gedung-gedung pendidikan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Harga Jasa Pasang Keramik 40×40 Per Meter 2024

Tipe Kaca Partisi

Seiring berjalannya waktu dan trend penggunaan partisi kaca ruangan, setidaknya saat ini partisi kaca sudah mulai bisa kita aplikasikan ada desain rumah akan di rancang. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan kuat.

Melainkan perkembangan teknologi yang semakin tinggi membuat saat ini ada beberapa jenis tipe kaca untuk dapat digunakan sebagai material utama partisi ruangan. Lantas apa saja sih tipe kaca partisi paling umum digunakan?.

1. Kaca Tempered

Jenis kaca ini memiliki beberapa keunggulan, seperti 5x lebih kuat dari kaca biasa, tahan benturan, pecahan kaca tidak tajam, dan kaca jenis ini sangat cocok untuk area dengan lalu lintas tinggi. Namun harga per meter kaca partisi ruangan jenis ini tergolong mahal.

2. Kaca Laminated

Kaca Laminated adalah kaca yang dibuat dari dua / lebih lembar kaca yang dilapisi interlayer. Di mana jenis kaca ini punya beberapa keunggulan seperti halnya, tahan benturan bahkan peluru, punya tingkat keamanan tinggi, dan sangat cocok untuk untuk area sensitif.

3. Kaca Bening (Clear Glass)

Merupakan salah satu jenis kaca partisi ruangan paling umum digunakan karena harga yang relatif terjangkau. Beberapa keunggulan jenis kaca ini yaitu, harga lebih terjangkau, mampu memberikan pandangan jelas, dan sangat cocok untuk ruangan yang ingin terlihat luas.

4. Kaca Buram (Frosted Glass)

Dan salah satu jenis kaca partisi ruangan paling laris belakangan ini adalah kaca buram atau Froste Gralss. Jenis kaca ini memiliki keunggulan berupa kemampuan untuk bisa memberikan privasi sehingga sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan privasi.

5. Kaca Motif (Patterned Glass)

Jenis kaca partisi lain mungkin juga perlu kamu tahu yaitu jenis kaca motif atau Patterned Glass. Pemakaian jenis partisi ini memungkinkan kamu bisa membuat desain dan pola yang unik serta mampu menambah estetika ruangan.

6. Kaca Fabric Glass (Kaca Lamilux)

Selanjutnya ada kaca Lamilux, kaca ini merupakan hasil perkembangan teknologi dari jenis kaca laminated. Jenis kaca ini memiliki keunggulan berupa adanya beberapa pilihan warna dan motif yang bisa di sesuaikan dengan selera.

Baca Juga: Harga Kanopi Kaca Tempered Per Meter Semua Ukuran

Ketebalan Kaca Partisi

Selain memiliki beberapa tipe atau model, Kaca partisi ruangan juga mempunyai beberapa ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Dengan begitu kita bisa lebih mudah menentukan tebal kaca partisi sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Semakin tebal kaca partisi ruangan yang dipilih, maka semakin besar juga kemampuannya dalam menahan kekuatan dorong atau beban yang bersandar. Dan tentu saja semakin tebal kaca partisi yang dipilih, semakin mahal pula harga kaca partisi ruangan tersebut.

Lantas berapa ketebalan kaca partisi ruangan paling umum bisa kita jumpai di pasaran saat ini?. Umumnya kita bisa menjumpai kaca partisi dengan ukuran ketebalan mulai dari 5mm, 10mm hingga 12mm.

Merek dan Vendor Partisi Ruangan Kaca

Tidak sedikit masyarakat yang mungkin ingin menjadikan kaca sebagai material partisi ruangan, mencari info terkait merek dan vendor partisi ruangan kaca terbaik. Untuk itu sebelum kita bagi rincian harga partisi kaca ruangan per meter.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi merek dan vendor partis ruangan kaca mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

  • Dorma
  • Kawneer
  • YKK AP
  • Schuco
  • Kaca Mas Tempered
  • Alumunium Kaca Graha
  • Partisi Kaca Kantor
  • Kaca Dunia

Jenis Partisi Kaca Ruangan

Jika di atas kita sudah jelaskan secara rinci apa saja tipe kaca paling umum digunakan sebagai partisi ruangan, merek dan vendor partisi kaca ruangan dan ketebalan kaca partisi. Berikut ini adalah beberapa jenis partisi kaca ruangan mungkin belum kamu tahu.

1. Partisi Kaca Frameless (Tempered)

Partisi Kaca Frameless (Tempered)

Jenis partisi kaca ruangan pertama adalah Frameless. Model partisi kaca ruangan ini biasanya memanfaatkan material kaca Tempered. Uniknya partisi jenis ini sama sekali tidak memakai frame.

Untuk meminimalisir kerusakan serta menjaga keamanan sekitar ruangan. Jenis partisi ini akan dilengkapi material u-Tanam (aluminium/stainless) pada setiap sisi kaca yang bertemu lantai / dinding.

Sebagai informasi saja, harga partisi kaca ruangan per meter untuk tipe atau model ini terbilang cukup mahal.

2. Partisi Kaca Aluminium

Partisi Kaca Aluminium

Jika kamu sering berkunjung ke gedung-gedung perkantoran maupun gedung sekolahan. Saat ini mungkin sudah banyak sudut ruangan yang dilengkapi partisi kaca dengan frame yang terbuat dari material aluminium.

Jenis ini jelas memiliki banyak keunggulan, salah satunya kokoh dan kuat. Selain itu penggunaan partisi kaca aluminium juga tidak mudah berkarat dan anti rayap serta mempunyai banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera.

3. Partisi Kaca UPVC

Partisi Kaca UPVC

Jika menginginkan partisi kaca ruangan dengan harga per meter murah dan terjangkau, maka jenis partisi kaca UPVC bisa jadi pilihan. UPVC merupakan material turunan dari plastik yang telah diolah lagi untuk membuat sifat lentur dari plastik hilang.

Gantinya, UPVC atau (Unplasticized Poly Vinyl Chlorid) memiliki sifat yang lebih keras. Dengan begitu material ini juga bisa dijadikan sebagai pelengkap partisi kaca ruangan. Keunggulan partisi ini terletak pada range harga yang lebih ekonomis.

Baca Juga: Harga Pagar Besi Hollow Per Meter dan Cara Menghitung 2024

4. Partisi Kaca Stainless Steel

Partisi Kaca Stainless Steel

Jika partisi kaca UPVC menjadi jenis dengan harga per meter paling terjangkau, beda lagi dengan partisi kaca stainless steel. Jenis ini mungkin bisa kami katakan jenis paling mahal untuk nominal setiap meternya.

Hal tersebut tak terlepas karena material stainless steel dikenal merupakan material terbaik. Penerapan kombinasi kaca partisi dan stainless steel di bagian frame memberikan kesan mewah dan elegan. Apalagi stainless steel juga punya kilau yang memukau.

5. Partisi Kaca Bingkai Kayu

Jenis Partisi Kaca Bingkai Kayu

Jenis partisi ruangan terakhir adalah partisi kaca dengan bingkai kayu. Jenis ini dapat dikatakan merupakan jenis yang juga relatif terjangkau jika di hitung nominal harga per meter.

Meski begitu penerapan model desain partisi kaca bingkai kayu jauh lebih fleksibel. Mengingat kayu yang dijadikan sebagai frame atau tulangan bisa kita bentuk sesuai selera setiap pemilik rumah / gedung.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Kaca Ruangan

Sebelum kita lanjutkan ke detail rincian harga partisi kaca ruangan per meter seperti topik utama kita kali ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan perlu kamu pahami tentang partisi kaca ruangan.

Kelebihan

  • Partisi kaca dapat memberi tampilan lebih modern, minimalis serta elegan.
  • Dengan kaca sebagai material utamanya, hal ini memungkinkan aliran cahaya dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan, sehingga terasa lebih terang dan luas.
  • Dengan memilih kaca buram, partisi jenis ini bisa memberikan privasi yang tinggi.
  • Partisi kaca ruangan bisa dibentuk dengan berbagai macam desain serta ukuran, sehingga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan ruangan.
  • Perawatan dan pembersihan dapat dilakukan dengan mudah hanya memakai air serta sabun / pembersih kaca.

Kekurangan

  • Bila dibandingkan dengan jenis partisi lainnya, harga partisi kaca ruangan per meter umumnya lebih mahal.
  • Resiko kaca pecah sangat tinggi, jadi hal ini perlu dipertimbangkan sejak awal.
  • Khusus untuk jenis kaca bening, sama sekali tidak memberi kamu privasi.
  • Partisi kaca sama sekali tidak mampu meredam suara dengan baik.
  • Pemasangan partisi kaca ruangan harus dilakukan oleh profesional, sehingga wajib untuk mengeluarkan biaya tambahan.

Baca Juga: Harga Pagar Besi Hollow Per Meter dan Cara Menghitung

Harga Partisi Kaca Ruangan Per Meter

Harga Partisi Kaca Ruangan Per Meter

Meski bisa dibilang fungsionalitas partisi kaca ruangan sangatlah tinggi. Namun dengan melihat kelebihan dan kekurangan di atas, ada baiknya untuk memilih jenis partisi ini jika memang kamu sudah siap dengan segala resiko yang ada.

Namun jika kamu tetap ingin menggunakan partisi kaca pada ruangan yang ada. Berikut ini sudah kami siapkan daftar harga partisi kaca ruangan per meter terlengkap untuk beberapa jenis kaca yang paling umum di jumpai serta ketebalan yang berbeda-beda.

Kaca Bening

Tebal Kaca BeningHarga
Kaca Bening 2 mmRp 74.000
Kaca Bening 3mmRp 109.000
Kaca Bening 5 mmRp 116.000
Kaca Bening 8 mmRp 169.000
Kaca Bening 10 mmRp 239.000
Sumber: https://paluminium.com/harga-partisi-ruangan-per-meter/

Kaca Rayben

Ketebalan KacaHarga / m2
Kaca Rayben 3 mmRp 91.000
Kaca Rayben 5 mmRp 94.000
Kaca Rayben 8 mmRp 154.000
Kaca Rayben 10 mmRp 249.000
Sumber: https://paluminium.com/harga-partisi-ruangan-per-meter/

Kaca Tempered

Ketebalan KacaHarga / m2
Kaca Tempered Clear 5 mmRp 249.000
Kaca Tempered Clear 6 mmRp 329.000
Kaca Tempered Clear 8 mmRp 424.000
Kaca Tempered Clear 10 mmRp 449.000
Kaca Tempered Clear 12 mmRp 549.000
Kaca Tempered Clear 15 mmRp 1.969.000
Kaca Tempered Clear 19 mmRp 2.469.000
Sumber: https://paluminium.com/harga-partisi-ruangan-per-meter/

Daftar Harga partisi kaca ruangan di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Dan kemungkinan juga akan ada perbedaan di setiap wilayah / daerah.

Tips Memilih Partisi Kaca Ruangan

Tips Memilih Partisi Kaca Ruangan

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat kita memilih menggunakan material kaca sebagai partisi ruangan pada rumah maupun gedung perkantoran. Oleh karena itu, ada baiknya kamu juga tahu beberapa tips memilih partisi kaca ruangan berikut ini.

  • Pertimbangkan kembali kebutuhan utama saat memilih partisi kaca sebagai sekat ruangan. Apakah kamu membutuhkan ruangan privasi, fleksibilitas, estetika atau bahkan akustik.
  • Kemudian sesuaikan juga anggaran untuk menjadikan partisi kaca ruangan sebagia pilihan. Sebab jika di bandingkan dengan jenis partisi ruangan lain, harga partisi kaca ruangan terbilang mahal.
  • Silahkan konsultasikan dengan para ahli untuk mendapatkan jawaban terbaik. Biasanya setiap ahli desain interior bisa memberi gambaran lebih luas.
  • Jangan lupa pertimbangkan juga ketebalan kaca, sistem partisi serta aksesoris serta jenis kaca yang akan digunakan.

Baca Juga: Ukuran Kaca Lembaran Semua Jenis, Fungsi dan Harga

Kesimpulan

Demikian kurang lebih informasi yang kali ini dapat kanalrumah.com sampaikan terkait info harga partisi kaca ruangan per meter terbaru dan terlengkap. Untuk harga terupdate, kami sangat menyarankan untuk kamu menanyakan langsung ke agen terdekat di wilayah kamu.

Tinggalkan komentar