Beranda » Berita » Berapa Kg Cat Untuk Kamar 3×3? Ini Cara Menghitungnya!

Berapa Kg Cat Untuk Kamar 3×3? Ini Cara Menghitungnya!

Menerapkan cat dinding untuk ruangan kamar tidur berukuran 3×3 menjadi salah satu opsi terbaik ketika ingin memberikan kesan estetis. Lalu, apakah kalian sudah mengetahui berapa total kebutuhan cat untuk melapisi tembok kamar tidur berukuran 3×3 dalam satuan kg?

Secara garis besarnya, untuk mencari tahu berapa kg cat untuk kamar 3×3, nantinya kalian membutuhkan adanya rumus perhitungan. Tujuannya yaitu agar hasil perhitungan kebutuhan cat tersebut bisa lebih akurat sehingga mampu meminimalisir kesalahan.

Dengan mengetahui berapa jumlah total kg cat untuk kamar 3×3, nantinya akan membantu kalian dalam membuat rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan. Hal ini tentu akan menghindarkan kalian dari kerugian seperti pembengkakan ataupun kekurangan dana.

Maka dari itu, apabila di antara kalian berencana ingin mengecat kamar tidur berukuran 3×3, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa kebutuhannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membantu menjawab pertanyaan mengenai berapa kg cat untuk kamar 3×3.

Ukuran Kamar 3×3

Sebelum pembahasan poin utama mengenai berapa kg cat untuk kamar 3×3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga dimensi ruangan tersebut. Dilihat dari namanya, ruangan kamar tidur ini mempunyai bentuk persegi dengan ukuran panjang 3 meter serta lebar 3 meter.

Pada rumah-rumah bergaya minimalis, ukuran kamar tidur tersebut sebenarnya sudah sangat ideal untuk keluarga kecil hingga sedang. Biasanya kamar tidur berukuran 3 m x 3 m tersebut seringkali ditemukan pada rumah dengan tipe 36, tipe 45 hingga tipe 60.

Baca juga: 15 Model Plafon Kamar Tidur Ukuran 3×3 Sederhana dan Murah!

Kemudian untuk tinggi ruangan kamar tidur 3×3 sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik bangunan. Namun, pada umumnya kebanyakan orang membangun ruangan kamar tidur tersebut dengan tinggi antara 3 meter sampai 4 meter.

Berapa Kg Cat Untuk Kamar 3×3

Seperti sudah disinggung di awal, mengetahui berapa kg cat untuk dinding kamar 3×3 menjadi hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab mengetahui berapa kebutuhan cat dinding akan membantu kalian dalam merencanakan anggaran biaya pembangunannya.

Secara garis besarnya, untuk menghitung total kebutuhan cat kamar 3 m x 3 m dalam satuan kg nantinya bisa dilakukan melalui dua cara, yakni kebutuhan cat per meter serta kebutuhan cat kamar berpintu dan berjendela. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik cara menghitung berapa kg cat untuk kamar 3×3 di bawah ini.

Kebutuhan Cat Per Meter

Opsi pertama yang dapat dilakukan untuk menghitung berapa kg cat tembok guna melapisi kamar ukuran 3×3 yaitu menggunakan perhitungan per meter. Jadi, nantinya kalian perlu mengetahui total luas kamar tidur berukuran 3×3 terlebih dahulu ketika ingin menghitung kebutuhan cat per meternya.

Pada umumnya, setiap jenis ataupun merk cat dinding dapat digunakan untuk melapisi permukaan tembok seluas 10 sampai 12 meter persegi per liternya. Agar lebih jelasnya, simak perhitungan total luas kamar tidur ukuran 3×3 dengan tinggi 3 meter berikut ini.

  • Luas kamar= (2 x (Panjang + Lebar ruangan)) x Tinggi.
  • Luas kamar= (2 x (3 m + 3 m)) x 3 m.
  • Luas kamar= 12 m x 3 m.
  • Luas kamar= 36 m2.

Jadi, total luas kamar berukuran 3×3 m dengan tinggi 3 m yaitu sekitar 36 meter persegi. Setelah mengetahui total luas permukaan dinding pada kamar ukuran 3×3, maka selanjutnya tinggal menghitung total kebutuhan cat tembok dalam satuan liter.

  • Kebutuhan cat= Luas kamar / Rata-rata penggunaan cat.
  • Kebutuhan cat= 36 m2 / 12 m2 per liter.
  • Kebutuhan cat= 3 liter.

Melalui data perhitungan di atas, maka untuk mengecat ruangan kamar tidur ukuran 3×3 dengan tinggi 3 m memerlukan cat sebanyak 3 liter. Nah, apabila ingin melakukan pengecatan sebanyak 2 kali lapisan, maka total kebutuhan cat yaitu menjadi 6 liter.

Baca juga: 20 Desain Rumah 2 Lantai Terbaik, Modern dan Elegan

Selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa berat jenis cat dalam satuan liter menjadi kg. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), berat jenis cat umumnya berada di angka 1.5 kg per liter. Jadi, jawaban atas pertanyaan berapa kg cat untuk kamar 3 m x 3 m yaitu sekitar 9 kg atau 9 kaleng (kemasan 1 kg).

Kebutuhan Cat Kamar Berpintu dan Berjendela

Selain cara di atas, menghitung berapa kg cat untuk kamar 3×3 juga dapat dilakukan ketika ruangan tersebut mempunyai pintu dan jendela. Pada intinya, nantinya kalian hanya perlu mengurangi luas permukaan dinding kamar 3×3 dengan luas pintu serta jendela.

Sebagai contoh kalian ingin mengecat kamar 3×3 m, tinggi 3 m serta memiliki satu pintu berukuran 1 x 2 m dan jendela berukuran 1 m x 0.5 m, maka cara menghitungnya akan seperti berikut ini.

Diketahui:

  • Luas kamar: 36 m2.
  • Luas pintu: 2 m2 (1 m x 2 m).
  • Luas jendela: 1 m2 ( 2 m x 0.5 m).

Perhitungan:

  • Total Luas Kamar Tidur
    • Total luas kamar= Luas kamar – Luas pintu – Luas jendela.
    • Total luas kamar= 36 m2 – 2 m2 – 1 m2.
    • Total luas kamar= 33 m2.
  • Total Kebutuhan Cat
    • Total kebutuhan cat= Total luas kamar / Rata-rata penggunaan cat.
    • Total kebutuhan cat= 33 m2 / 12 m2 per liter.
    • Total kebutuhan cat= 2.75 liter.

Melalui data perhitungan di atas, total kebutuhan cat untuk kamar 3×3 setinggi 3 meter dengan pintu dan jendela tersebut yaitu sekitar 2.75 liter untuk satu kali pelapisan atau 5.5 liter untuk dua kali pelapisan. Dengan kata lain, dibutuhkan sebanyak 8.25 kg cat untuk melapisi dinding kamar tidur berukuran 3 m x 3 m.

Tips Memilih Cat Untuk Kamar

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai berapa kg cat untuk kamar 3×3 mulai dari rumus hingga cara menghitungnya. Seperti diketahui, pemilihan warna cat tembok tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan, entah itu pada ruangan interior maupun eksterior bangunan.

Baca juga: 13 Model Railing Tangga Besi Hollow Minimalis Modern

Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sejumlah tips maupun trik yang perlu diperhatikan agar nantinya pemilihan warna cat bisa sesuai dengan konsep hunian. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut akan kami berikan beberapa tips dalam memilih warna cat dinding untuk ruangan kamar tidur.

  • Jangan terburu-buru dalam menentukan warna cat.
  • Kumpulkan ide atau inspirasi warna cat.
  • Prioritaskan warna-warna cat netral.
  • Lakukan percobaan warna cat.
  • Mencoba memadukan warna cat dengan furnitur.
  • Tentukan jenis kilau warna cat.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Kanalrumah.com seputar berapa kg cat untuk kamar 3×3 mulai dari rumus hingga cara menghitungnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin melapisi dinding kamar tidur menggunakan cat agar mampu memberikan kesan indah.

Tinggalkan komentar