Beranda » Tips » 12 Tips Memilih Warna Warna Cat Tembok Sejuk dan Bagus

12 Tips Memilih Warna Warna Cat Tembok Sejuk dan Bagus

Kanalrumah.com – Memilih dan menentukan warna cat tembok yang tepat menjadi langkah kecil perlu di perhatikan saat proses finishing. Pemilihan warna-warna cat tembok yang kurang tepat dapat mengurangi nilai estetika bahkan merusak suasana.

Diperlukan waktu untuk dapat menentukan kombinasi warna cat tembok yang tepat agar hasil akhir terlihat bagus dan sejuk. Mengingat, dalam hal ini cat dinding bukan sekedar dibutuhkan sebagai pelapis maupun penutup pori-pori tembok agar tertutup rapat.

Melainkan sudah termasuk dalam elemen dekoratif dengan peran penting yang tergolong besar. Dengan memilih warna yang tepat, tentunya akan bisa membuat suasana ruangan semakin hangat serta bisa menunjukan kepribadian para pemilik maupun penggunanya.

Itulah sebabnya, proses finishing sebuah bangunan benar-benar harus dipertimbangkan, khususnya pada pemilihan cat tembok. Untuk mengurangi kesulitan saat memilih warna warna cat yang bagus, berikut ada beberapa tips untuk bisa kita jadikan pencerahan.

Kenapa Tembok Harus di Cat?

Kenapa Tembok Harus di Cat
Source: beruangperkasa

Dalam konstruksi bangunan rumah ataupun gedung, tembok merupakan struktur bangunan yang dibuat sebagai pemisah sekaligus sekat tiap ruangan. Nantinya tembok inilah yang akan selalu kita lihat saat rumah, gedung ataupun hunian lainnya sudah digunakan.

Maka, memberi sentuhan dengan memasang cat tembok bisa memberikan visualisasi yang bagus sehingga rasa bosan dengan tampilan yang monoton bisa dihindari. Terlebih, saat penggunaan kombinasi warna cat tembok yang di pilih tepat.

Tidak hanya bisa memberi visualisasi terlihat keren, pengecatan tembok juga diperlukan untuk membuat para penghuni lebih betah dan nyaman saat berada di dalam ruangan tersebut. Selain itu alasan lain tembok perlu di cat yakni untuk menambah nilai ekonomis bangunan tersebut.

Pentingnya Memilih Warna Warna Cat Tembok yang Tepat

Pentingnya Memilih Warna Warna Cat Tembok yang Tepat
Source: ukur

Siapa sih yang tidak ingin memiliki hunian tempat tinggal nyaman? kami rasa hampir semua orang menginginkannya. Namun, agar titik kenyamanan itu bisa di capai terdapat banyak faktor penentunya, termasuk salah satu di antaranya yaitu pemilihan warna cat tembok.

Memilih warna warna cat tembok yang tepat bagi sebagian besar orang mungkin hal sepele. Biasanya mereka hanya memperhatikan keinginan semata tanpa memedulikan hasil akhir akan terlihat sejuk, bagus, fresh dan nyaman dipandang atau tidak.

Jadi memilih warna cat tembok dengan benar menjadi bagian vital dalam dekorasi interior ataupun eksterior sebuah rumah maupun bangunan lainnya. Di dalam proses pemilihan warna cat tembok pun terdapat beberapa poin penting yang perlu di perhatikan, salah satunya seperti:

  • Memilih untuk menggunakan warna cat tembok yang tepat dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman.
  • Pemilihan warna cat dinding rumah yang tepat mampu meningkatkan nilai estetika rumah.
  • Lalu juga bisa membuat dekorasi rumah lebih sempurna karena kombinasi warna cat dan furniture di dalam ruangan tersebut sesuai.
  • Terakhir bisa memperbarui suasana di dalam rumah atau gedung.

Tips Memilih Warna Warna Cat Tembok

Memilih warna warna cat tembok bagus dan sejuk bukan perkara mudah, banyak faktor yang akan menjadi penentu hasil akhir saat pengaplikasian cat sudah dilakukan. Untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih warna cat dinding.

Berikut sudah kami siapkan beberapa tips untuk bisa dijadikan sebagai referensi saat kamu ingin melakukan pengecatan tembok rumah atau bangunan kantor dan gedung. Dengan adanya tips di bawah ini kami harap hasil akhir akan lebih maksimal dan sesuai harapan.

1. Manfaatkan Internet Untuk Mencari Inspirasi

Manfaatkan Internet Untuk Mencari Inspirasi
Source bramblefurniture

Tips pertama untuk memilih warna warna cat tembok adalah memperbanyak ide, konsep dan inspirasi. Diharapkan dengan memiliki banyak inspirasi tersebut, pemilihan warna cat akan lebih bisa diarahkan sesuai konsep awal yang di inginkan.

Ada banyak cara untuk dapat memperoleh ide konsep dan inspirasi, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan internet melalui blog atau website, majalah, maupun katalog dari para produsen cat tembok.

2. Pakai Palet Warna untuk Kombinasi

Pakai Palet Warna untuk Kombinasi
Source: freepik

Warna cat tembok putih, coklat dan crem mungkin sudah mainstream untuk zaman sekarang. Maka dari itu berani mengombinasikan warna-warna cat tembok di luar ke-3 warna mainstream tersebut jelas akan memberi suasana baru.

Namun jika kamu bingung untuk menentukan kombinasi warna yang tepat untuk tembok rumah. Memanfaatkan palet warna yang sudah cukup banyak di sediakan oleh para produsen cat tembok, seperti contohnya palet warna Jotun maupun palet warna Dulux.

3. Perhatikan Ketersediaan Cat

Perhatikan Ketersediaan Cat
Source: solusibangunan

Tips berikutnya dalam memilih warna cat tembok yakni memperhatikan ketersediaan cat tersebut. Ini penting dan perlu menjadi perhatian khusus, apalagi untuk kita yang mungkin berlokasi di kota-kota kecil atau bahkan pedesaan.

Dalam hal ini sebaiknya pilih warna cat tembok dengan ketersediaan banyak atau setidaknya mudah di temukan apabila dalam satu toko kekurangan stok.

4. Bangun Karakter Rumah dengan Konsep

Bangun Karakter Rumah dengan Konsep
Source: bildeco

Cara memilih warna cat tembok terbaik untuk hasil sejuk dan bagus yaitu dengan memperhatikan konsep dasar bangunan. Hal ini penting karena dalam dunia dekorasi, gaya dan konsep rumah sangat besar perannya dalam proses finishing, termasuk pemilihan cat tembok.

Sebagai contoh kecil, konsep rumah minimalis akan lebih cocok apabila menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu, krem dan pastel. Warna tersebut mungkin kurang cocok bila di aplikasikan pada rumah dengan konsep modern dan futuristik.

5. Susun Warna Sesuai dengan Selera

Susun Warna Sesuai dengan Selera
Source: Shutterstock

Memilih warna cat dinding rumah untuk bagian luar dan bagian dalam yang bagus tentu akan memiliki pandangan berbeda. Jika tampilan warna eksterior lebih di tujukan ke visualisasi dari sisi luar, maka tampilan warna interior lebih ditujukan untuk membuat suasana hangat lebih terasa.

Maka dari itu, selain bisa dengan memanfaatkan palet warna seperti tips cara memilih warna warna cat tembok di atas. Kamu juga bisa mengombinasikan susunan warna sesuai dengan inspirasi planning yang telah kamu rencanakan.

6. Gunakan Warna Warna Aesthetic

Gunakan Warna Warna Aesthetic
Source: houzz

Menggunakan konsep aesthetic dalam pemilihan warna cat tembok mungkin jadi salah satu cara tepat dapat kita gunakan saat ini. Warna-warna aesthetic rata-rata menawarkan kesan yang ceria, sejuk dan bagus, terutama untuk warna tembok ruangan.

Tidak hanya itu saja, memilih warna aesthetic dalam proses finishing, juga bisa membantu para penghuni untuk mendapatkan kesan bersih dan luas saat berada di dalam ruangan tersebut.

7. Memperhatikan Kondisi Pencahayaan Luar

Memperhatikan Kondisi Pencahayaan Luar
Source: Trendbuzzers

Sudah memilih warna cat tembok sesuai selera namun ketika di aplikasikan tidak sesuai ekspektasi? mungkin kamu kelewatan untuk mempertimbangkan masalah pencahayaan dari sisi luar yang masuk ke dalam ruangan dengan warna cat pilihan tersebut.

Yah, faktor pencahayaan dari sisi luar memang sangat besar perannya untuk dapat menentukan hasil akhir warna cat tembok tersebut. Jadi untuk hal ini kami sangat menyarankan kamu agar berkonsultasi dengan arsitek untuk memperoleh hasil terbaik.

8. Sebisa Mungkin Kurangi Penggunaan Warna Jenuh

Sebisa Mungkin Kurangi Penggunaan Warna Jenuh
Source: shopee

Cara lain memilih warna cat tembok terbaik adalah dengan meminimalisir penggunaan cat dengan warna jenuh. Tujuannya tentu saja agar memberikan kesan lebih cerah dan sejuk.

Beberapa warna yang masih dalam kategori warna jenuh adalah Kuning, Pink, Orange dan Hijau. Alasan kenapa warna-warna tersebut termasuk jenuh karena dimilikinya tingkat kecerahan terlalu tinggi.

9. Kombinasikan Kecocokan Cat dengan Furniture

Kombinasikan Kecocokan Cat dengan Furniture
Source: Pexels

Umumnya pemilihan warna cat tembok juga akan disesuaikan dengan warna-warna pada ornamen furniture yang berada di dalam rumah. Jadi jika saat ini kamu sedang merasa bingung memilih warna cat tembok yang sesuai.

Selain dengan memperhatikan beberapa tips di atas, salah satu cara paling murah memilih warna cat dinding yakni dengan mempertimbangkan warna pada furniture. Contohnya jika furniture lebih banyak memakai warna broker white, pilih warna cat tembok putih / beige muda.

10. Gabungkan Warna-Warna Baru

Gabungkan Warna Warna Baru
Source: klopmart

Biasanya beberapa produsen cat sering mengeluarkan warna-warna baru untuk kebutuhan dekorasi rumah atau bangunan gedung dan kantor. Maka dari itu cara lain memilih warna cat tembok yang bagus juga dapat dilakukan dengan menggabungkan warna-warna baru tersebut.

Secara teknik memang ini merupakan bagian dari eksperimen. Namun begitu, biasanya para produsen ketika memasarkan produk warna baru akan dibarengi pula dengan dikeluarkannya palette color baru sesuai dengan warna cat tersebut.

11. Pakailah Warna Netral

Pakailah Warna Netral
Source: bellnbrick

Apabila desain rumah, gedung dan kantor kerja yang sedang dibangun membawa konsep minimalis sederhana. Tentu saja menggunakan warna cat netral akan sangat tepat. Maka dari itu untuk memudahkan proses memilih warna cat tembok.

Disini kami sangat menyarankan untuk tetap menggunakan warna cat netral seperti putih, coklat muda, abu-abu dan lain sebagainya. Dengan tujuan aksen dari berbagai furniture ruangan bisa menyatu secara mudah dengan warna tembok.

12. Kurangi Rasa Kekhawatiran Saat Bereksperimen

Kurangi Rasa Kekhawatiran Saat Bereksperimen
Source: bobo grid

Tips atau cara terakhir memilih warna cat dinding yang bagus, sejuk dan yaitu dengan mengurangi rasa khawatir saat mengombinasikan warna-warna baru. Memang hasil akhir warna belum bisa dipastikan bagus atau tidaknya.

Namun dengan kamu berani mencoba hal baru, besar kemungkinan kamu akan bisa mendapatkan warna cat tembok yang bagus, bahkan unik dan premium karena warna tersebut hanya kamu seorang yang menggunakannya untuk dekorasi baik eksterior maupun interior.

Kesimpulan

Pastikan sekali lagi bahwa kamu sudah memilih warna warna cat tembok dengan tepat sebelum mulai proses finishing tembok dengan mengacu pada beberapa tips di atas. Tujuannya untuk dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diperlukan.

Tinggalkan komentar